Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Penyebab Utama Roti Bantat (Gagal Mengembang/ Keras/ Kempes/ Bau ragi menyengat)

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)


Bagaimana cara mengatasi roti yang kurang mengembang? roti yang kempes, roti yang bau ragi pokoknya roti yang gagal. Hallo, kita berjumpa lagi di pembahasan mengenai seputar roti, untuk sekarang ini, admin akan sedikit membahas dan berbagi mengenai bagaimana cari mengatasi adonan roti yang tidak mengembang?

sebagaimana pembahasan kami yang sebelumnya mengenai tips dan trik seputar bakery, saat ini, kita akan fokus membahas mengapa adonan roti kurang mengembang? dan bagaimana cara paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut? itu yang anda butuhkan bukan?. oke mari kita mulai.

  1. Perhatikan penggunaan tepung pada adonan, Dalam adonan roti tepung yang cocok adalah tepung dengan kadar protein yang tinggi. seberapa besar fungsi tepung terigu pada adonan roti? Roti sangat membutuhkan gluten yang tinggi, dimana semakin tinggi protein  tepung, maka semakin tinggi glutennya sehingga roti bisa bereaksi dan mengembang sempurna.
  2. Perhatikan kualitas ragi. Ragi merupakan pengembang roti yang paling utama, yang harus perhatikan mulai dari kondisi ragi/ yeast, apakah ragi tersebut masih bagus atau sudah kurang layak sehingga tidak ada reaksi pada adonan saat proses fermentasi. 
  3. Ragi akan gagal mengembang jika suhu terlalu panas. Ragi akan bereaksi pada suhu dan kelembaban tertentu. oleh karena itu suhu dan kelembaban pada proses fermentasi harus stabil dan terkontrol.
  4. Roti oven Proofing. Hal ini bisa menyebabkan permukaan roti mengkerut dan cenderung kempes. 
  5. Proses fermentasi yang kurang tepat. Hal ini biasanya menyebabkan roti menjadi bau ragi yang sangat menyengat.
  6. Proses pencampuran komposisi adonan yang kurang bagus atau kurang kalis. biasanya disebabkan karena proses pencampuran kurang maksimal atau masih menggunakan manual. 
  7. Suhu oven terlalu panas. biasanya hal ini terjadi pada oven manual yang tidak memiliki pengatur suhu yang stabil.

Memperbaiki Proses dan kualitas Adonan

poin pertama yang harus anda perhatikan adalah proses dan kualitas adonanya dulu, proses mixing atau pencampuran adonan misalkan untuk roti haruslah seimbang, selain anda harus memilih bahan yang bagus dan berkualitas, anda juga harus memperhatikan bagaimana proses pengadukan adonannya juga.

Jika anda sedang mencampur dan mengaduk adonan yang sangat kental, maka gunakanlah mixer dengan mata pengaduk hook, karena jenis ini spesialis adoanan yang memiliki komposisi kental.

Jika yang adonan yang anda proses lebih encer, maka kami rekomendasikan agar anda menggunakan jenis mixer yang memiliki adonan whisk. jenis ini memang untuk adonan encer seperti, cream, telur, susu dan lain sebagainya.

Ketiga, jika adonan yang anda proses terbilang memiliki komposisi lunak dan lembuk, maka gunakanlah jenis mixer yang memiliki mata pengaduk Paddle, jenis pengaduk ini biasanya untuk adonan dengan bahan kejum pastrym mentega serta adonan croissant.

Jika anda butuhkan hasil adonan yang sangat kalis, cobalah untuk menggunakan mixer jenis spiral, karena selain lebih cepat mixer jenis ini memiliki sistem kerja yang beda dengan mixer planetary dengan 3 jenis pengaduk sebelumnya. anda bisa cari tahu perbeadaan antara mixer planetary dan mixer spiral ini terlebih dahulu.


Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Memperbaiki Proses Fermentasi Adonan

Setelah proses pencampuran kompoisis utama mejadi adonan dengan menggunakan mixer spiral atau plenatary, proses kedua yang harus ada ubah ada proses fermentasi atau mengembang adonan dengan lebih baik. ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam proses ini ini. yakni:
  1. Suhu saat proses fermentasi. Suhu ideal agar adonan bisa mengembang adalah 35 - 40 derajat celcius.
  2. Kelembaban adonan, idealnya adalah 75% - 80% kelembaban.
  3. Waktu fermentasi harus pas dan tepat. jika telalu lama akan terjadi over proofing, jika kurang waktu ideal akan mengalami bau ragi yang menyengat. 
Lalu bagaimana cara mengetahui da mengkontrol suhu serta kelembaban pada adonan? iya anda harus menggunakan mesin pengembang adonan atau yang lebih dikenal dengan nama proofer roti. dimana mesin ini memiliki pengatur suhu & pengatur kelembaban yang bekerja secara otomatis. anda tinggal set suhu dan kelembabannya.

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)


Memperbaiki Proses dan Kontrol Oven (Memanggang)

Salah satu penyebab adonan gagal mengembang atau kempes adalah karena suhu oven yang kurang stabil dan terkontrol. bisa jadi suhu oven terlalu panas.yang anda butuhkan adalah oven gas dengan pengatur suhu. jadi anda tinggal set suhu api atas dan api bawah. dimana ovennya harus bisa bekerja secara otomatis.

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Penyebab Lain Hasil Roti Gagal

  • Volume kurang: biasanya karena terlalu banyak garam, bisa saja undermixing, Terlalu lama proses proofing, tekanan terlalu banyak dalam oven, oven terlalu panas.
  • Volume terlalu besar: karena garam yang kurang, komponen, seperti tepung kurang dan tidak sesuai, overproofing, oven kurang panas.
  • Warna dan Hasil Roti Pucat: biasanya dipengaruhi oleh terlalu banyak gula, pembakaran dalam oven terlalu lama, oven terlalu panas.
  • Terdapat gelembung: Karena kelebihan uap dalam mesin pengembang adoanan roti (proofer), oven kurang panas, pembakaran kurang.
  • untuk lebih jelas mengenai penyebab roti gagal, anda bisa baca artikel berikut, tips membuat roti anti bantat
NOTE: Silahkan anda baca MEGENAI MENGAPA PROOFER ROTI ITU PENTING UNTUK BISNIS BAKERY, pada postingan kami yang lain

Bila dilihat dari penyebab roti gagal, masalah yang paling sering muncul adalah mengenai oven yang terlalu panas dan mesin pengembang adonan (proofer) yang kurang maksimal, untuk mengatasi masalah tersebut, kami rekomendasikan agar anda bisa menggunakan oven yang memiliki suhu terkontrol dan memiliki pengatur waktu/ timer. seperti oven gas deck otomatis, atau oven convection (untuk hasil yang merata). berikt ini beberapa oven yang kami rekomendasikan untuk proses produksi roti atau kue yang lebih maksimal

oven deck otomatis reyoven.com
Oven deck otomatis
oven convection murah
Oven Convection 

sedangkan untuk mesin pengembang sendiri, atau yang lebih dikenal dengan istilah proofer, anda harus menggunakan proofer yang memiliki fasiltas pengatur suhu dan kelembaban, sehingga bisa lebih terkontrol untuk hasil pengembangan adonan yang lebih maksimal.

mesin pengembang adonan
Mesin Pengembang Adonan Roti


demikian, sedikit tips dan trik cara mengatasi adonana roti yang gagal dan kurang mengembang, terima kasih semoga bisa bermanfaat.

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Cara mengatasi adonan roti yang gagal mengembang (Bantat)

Lokasi Toko Kami

Pages