Filled Under:

Cara Menggunakan Oven Gas Manual Stainless Steel

artikel
Cara Menggunakan Oven Gas Manual Stainless Steel

Oven gas adalah salah satu perlengkapan memanggang roti atau kue yang power api utamanya menggunakan gas LPG, selain harga oven gas yang murah dan berkualitas, oven jenis ini juga menjadi pilihan utama para bakul kue dan roti kelas pemula. nah. pada kesempatan yang baik ini, kami selaku tim pengembang perlengkapan bakery reyoven, akan share mengenai oven gas manual mulai dari cara kerja atau cara menghidupkannya hingga tips-tipe penting seputar oven gas manual ini.
Pada umumnya oven gas untuk baking memiliki api utama pada bagian bawah oven, dimana api keluar dari sela-sela pipa api yang telah didesain sedemikian rupa sehingga memancarkan api yang sangat kuat mengarap keatas kebagian utama kompartemen oven gas, biasanya oven gas jenis ini juga bisa dijadikan sebagai penghangat. Namun, ada juga oven gas juga memiliki api pada bagian atas yang mengarah kebawah, yang jelas oven gas dengan type api atas bawah ini tidak bisa anda jadikan sebagai oven penghangat, karena fungsi utamanya adalah untuk memanggang.

Cara Menyalakan Oven Gas

Cara Menggunakan Oven Gas Manual Stainless Steel

Cara Memulai aktifitas memanggang dengan menggunakan oven gas manual adalah sebagai berikut:
  1. Pasang gas LPG ukuran 3Kg/ 5Kg atau 12 Kg dan yang lainnya.
  2. Sebelum memutar kran gas/ mengalirkan gas. Pintu oven harus dibuka (posisi terbuka).
  3. Putar kran gas untuk mengalirkan gas ke oven. lakukan pemutaran sedikit saja atau setengah putaran (jangan terlalu besar)
  4. Setelah itu, lakukan proses menghidupkan api pada pipa burning oven dengan bantuan pemantik korek api.
  5. ulangi aktifitas 1 - 4 kepada pipa burning api bagian bawah gas.


NOTE: Jika anda was-was dengan cara kerja oven manual ini, anda bisa menggunakan oven gas yang sudah dilengkapi pemantik api.

Oven gas sendiri terkenal karena sangat efisien. dimana pengeluaran produksi untuk penggunaan gas sangat hemat jika dibandingkan dengan oven listrik. walaupun tingkat panas dan suhu lebih fluktuatif, biasanya ada titik tertentu yang menjadi . Oven gas sendiri cendung lebih beruap dari pada oven listrik dan oven convection. Oleh karena karakteristik tersebut, banyak produsen oven gas di Indonesia yang mengembang oven gas dengan mengutamakan tingkatan efektifitas ditambah efisiensi dalam segi pengunaan. sehingga tak jarang kita mengenal oven gas yang memiliki fitur hampir mirip dengan yang dimiliki oven listrik seperti pengatur suhu, alaram dan timer atau yang lebih dikenal dengan nama oven gas otomatis. Oke, berikut ini beberapa tips penggunaan oven gas manual yang bisa anda jadikan referensi aktifitas saat memanggang.

Tips Menggunakan Oven Gas Manual

Sesekali Putar Loyang Saat memanggang

Karena oven gas ini memiliki hot spot atau titik panas tertentu, jakdi sangat penting bagi anda sesekali memutar loyang, hal ini juga tergantung suhu dan lama proses memannggang. secara teknis, misalkan anda memanggang roti, kue dan yang lainnya dengan menggunakan beberapa loyang, anda bisa memindahkan loyang yang di atas dan ditukan dengan loyang yang dibawah atau sebaliknya. karena untuk beberapa jenis roti aktifitas memukar dan memutar loyang sangat berpengaruh terhadap tingkat kematangan. yang terpinting adalah anda harus mengetahui titik panas utama yang ada pada oven manual ini.

Pengaturan Khusus Untuk Jenis Penggangan Khusus.

Selain roti, oven ini bisa juga digunakan untuk memanggang yang lain, sepert kentang panggang renyah, maringue renyah, pastri choux yang renyah juga. Karena oven gas ini memiliki tingkat kelembaban udara yang lebih dibandingkan dengan oven yang lainnya. anda bisa melakukan pengaturan khusus. pengaturan ini khusus untuk ketiga makana tersebut dengan hasil renyah. Cobalah nyalakan oven ini dengan suhu 25 F. yang harus anda perhatikan adalah cara memanggangnya dengan cara mengenali aromanya, ini berdasarkan dari salah satu tips dan trik baking menggunakan oven gas oleh thekitchn.

Hindari Penggunaan Loyang Bakeware

Cara Menggunakan Oven Gas Manual Stainless Steel

Karena panas yang dihasilkan oleh oven ini sangat tinggi, sebisa mungkin hindari penggunaan loyang bakeware. hal ini dapat menyerap panas secara berlebih jika dibandingkan dengan loyang biasanya yang terbuat dari alumunium. alhasil ini akan menyebabkan waktu pemanggangan semakin cepat. biasanya berakibat kepada hasil yang gosong. 

Pilih Ukuran Oven yang Tidak lebih dari 75cm hingga 120 cm 

Ada banyak penyebab mengapa hasil roti atau kue kita kurang maksimal. salah satunya adalah ukuran oven. untuk kasus oven manual, yang harus anda lakukan adalah memilih oven dengan ukuran yang normal dan tidak terlalu besar, besaran normal sendiri biasanya memiliki dimensi 75cm dengan kapasitas 2 loyang ukuran 40 x 60. ini sangat cocok untuk anda yang masih pemula. ukuran oven yang terlalu besar mengakibatkan panas dalam oven kurang maksimal dan meyebar dengan sempurna. wajar, karena sistem penentuan suhu oven manual ini harus dilakuakn dengan memutar arus gas LPG dengan kran pada oven.


NOTE: Jika anda menginginkan oven dengan ukuran yang lebih besar, kami rekomndasikan untuk memilih oven dengan sistem pembakaran otomatis, jadinya suhu dalam oven bisa anda tentukan sesuai dengan jenis makanan yang di panggang.

Produsen Kitchen Set Stainless - Bakery Equipment

Author & Editor

Kami selalu berupaya menjadi partner terbaik untuk perlengkapan dapur usaha, seperti restoran, catering, bakery, hotel, rumah makan, tempat produksi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kitchen set, khususnya kitchen set stainless steel.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © OVEN GAS NO.1 DI INDONESIA™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.