Filled Under:

Cara Kerja Proofer - Alasan Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?

artikel
Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?

Mesin pengembang adonan roti, apa manfaat penggunaan proofer, bagaimana megembangkan adonan roti dengan proofer, bagaimana cara kerja mesin pengembang adonan roti, apa perbedaan roti hasil proofer dan hasil manual?


Cara kerja proofer roti atau mesin pengembang adonan roti ini sangat efektif untuk anda yang selalu mengalami masalah-masalah pada roti kurang mengembang, roti megembang kemudian kempes, roti tekturnya tidak bagus, ada bagian roti yang mengkerut, pori roti lubang-lubang besar dan lain sebagainya. masalah tersebut pada dasarnya adalah dikarenakan suhu dan kelembanan saat proses fermentasi adonan. proofer ini memberikan cara paling efektif agar masalah-masalah tersebut tidak lagi terulang, yakni dengan proofer cabinet stainless steel dimana suhu dan kelembaban tinggal anda set. 

Mengapa Roti saya tidak mengembang?

Kami selaku produsen perlengkapan usaha bakery, setiap harinya selalu mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada sejumlah tukang roti yang mengalami masalah, bingung, tertantang hingga kadang fustasi mengenai masalah roti yang tidak mengembang. ada banyak pertanyaan yang masuk kepada kami melalui facebook, hotline, instagram dan forum lainnya. Pertanyaan paling umum adalah bagaimana cara mengembangkan adonan roti?

yang anda butuhkan adalah kulitas adonan roti yang baik, bagaimana kualitas adonan yang baik? iya anda harus membuat adonan roti yang kalis dulu. Lalu apakah proofer atau mesin pengembang adonan itu penting untuk dapur usaha bakery?

Dibawah ini kami jelaskan alasan-alasan penting mengapa penggunaan proofer itu sangat penting untuk dapur bakery, selanjutnya juga sangat erat kaitannya dengan bagaimana mengatasi masalah-masalah roti kurang mengembang dan lainnya. 

Proses fermentasi adonan (mengembangkan adonan)

ini adalah salah satu proses penting bagaimana roti itu bisa mengembang dengan baik. secara teori proses ini adalah adanya reaksi ragi dalam adonan yang dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban.  Ragi adalah suatu organisme hidup yang berperan mengubah komponen karbohidrat pada adonan menjadi karbondioksida sehingga roti bisa mengembang, sebagai catatan, agar bisa membuat roti yang mengembang sangat perlu diperhatikan kualitas ragi itu sendiri. bagaimana caranya? anda harus cek apakah ragi itu masih bereaksi atau tidak sebelum anda gunakan kedalam adonan roti nantinya. 
Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?


Pengunna ragi juga harus disesuaikan, jika terlalu sedikit penggunaan ragi dibandingkan dengan tepung terigunya, maka otomatis roti akan sulit megembang. Namun jika terlalu banyak roti akan keriput dan rasanya asam. penggunaan ragi ini juga sangat tergantung kepada suhu dan kelembaban yang digunakan. 
Bagaimana Jika Proses ini dilakukan dengan cara manual? yakni menggunakan mangkok yang ditutupi plastik? apakah hasil rotinya akan mengembang sempurna? fdgdg, Proses fermentasi adonan roti dengan mengandalkan ragi ini, yang perlu anda catat adalah, apapun merek raginya suhu dan kelembabanlah yang menentukan, artinya jika anda menggunakan cara manual, yang jelas suhu dan kelembaban tidak bisa anda control dan atur. Jika menggunakan cara manual, suhu dan kelembaban akan dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, sehingga menyebabkan antara setiap sisi dari roti tersebut menjadi beda. biasanya hal ini akan menyebabkan bentuk megembangnya roti yang tidak sama. 
Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?
Lalu bagaimana jika proses Fermentasi Terlalu lama? bagaimana hasil rotinya? Jika proses fermentasi terlalu lama, jangan harap roti akan mengembang dengan baik dan mulus. sekarang coba anda bayangkan, apa yang akan terjadi jika balon diisi gas terlalu banyak dan lama? apakah balon sanggup menampung gas yang ada didalamnya? Iyap, yang terjadi balon akan pecah. SAMA JUGA dengan roti, roti yang terlalu lama diproofer mengakibatkan rongga dan serat roti menjadi besar, pori-pori membesar, bagian permukaan roti tidak bagus dan retak, hal tersebut terjadi karena gas hasil reaksi ragi tidak bisa ditampung oleh adonan. coba lihat gambar dibawah ini;
Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?


Suhu dan Kelembaban Stabil

Sebagaimana yang kami jelaskan diatas, suhu dan kelembaban sangat memperngaruhi terhadap proses pengembangan adonan roti, apapun merek ragi dan sebagik apapun kualitas ragi yang anda pakai, maka adonan akan mengembang sangat baik apabila suhu dan kelembaban pas. 

Lalu berapa suhu ideal dan tingkat kelelembaban yang baik untuk proses fermentasi ini? Untuk suhu berada di kisaran 35 - 40 derajat celsius, sedangkan kelembabannya adalah 80% - 90%.
Apakah Suhu Ruangan dapat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar? iya. proses pegembangan yang dilakukan dengan cara manual akan sangat rentan terpengaruh oleh suhu sekitar, apalagi dalam ruangan itu terdapat oven dan alat-alat masak yang lain yang menimbulkan panas dan kelembaban.
Bagaimana cara terbaik agar megembangkan adonan roti bisa optimal dengan suhu dan kelembaban tersebut? sebagaimana yang dijelaskan oleh pakar roti, penggunaan proofer adalah cara terbaik untuk hasil yang terbaik, artinya proofer ini mampu memberikan suhu dan kelembaban yang stabil tanpa dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban dari luar. ditambah teknologi proofer roti mampu mendistribusikan suhu dengan cepat dan merata, sehingga anda tidak perlu khawatir tingkap mengembangkannya adonan berbeda-beda.
Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?

Menaikan Nilai Jual Produk

coba anda bayangkan bagaimana jadinya jika roti yang anda jual bantat, tidak mengembang, kurang empuk, tekstur keras dan lembek. coba anda perhatikan gambar dibawah ini:

Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?

Jika roti yang anda jual seperti gambar diatasm, berapakah nilai jual yang akan anda patok? jika terlalu mahal, orang akan kecewa karena kualitas tidak sesuai harga, jika terlalu murah berapa jumlah biaya yang harus anda tutupi dari produksinya? Atau gambar dibawah ini

Mengapa Mesin Pengembang Adonan Penting Untuk Bakery?

Roti yang ada pada kiri layar anda adalah roti yang dikembangkan tanpa menggunakan proofer, mari kita bandingkan yang ada disebelah kanan. bayangkan berapa duit harga yang bisa anda patok. sesuai bukan!

Mengatasi Roti Bau Ragi

Salah satu kasus yang banyak dialami oleh pelaku produksi roti didapur adalah hasil roti yang selalu bau ragi dan menyengat (selain takaran roti yang tidak sesuai resep), apa penyebabnya? dan bagaimana solusinya?

Apa penyebab roti bau ragi? pada dasarnya hal ini berkaitan dengan masalah proses fermentasi, jika terlalu lama proses adonan didalam proofer, maka permukaan akan pecah, jika terlalu cepat maka adonan tidak mengembang, jika belum sampai waktunya hasil roti akan bau ragi dan menyengat.
Bagaimana cara menghindari masalah tersebut? anda harus melakukan proses proofing dengan suhu yang pas, kelembaban yang pas dan waktu yang pas. jika anda melakukannya dengan manual, hal ini masih akan selalu terjadi. Gunakanlah mesin pengembang adonan roti yang memberikan suhu, kelembaban dan waktu yang pas.

Terima kasih semoga artikel dan tulisan ini menjadi manfaat dan referensi. yang terpenting dari kami, kami selalu ingin berbagi mengenai sesuatu yang sering kami alami. perbanyaklah referensi.  

Produsen Kitchen Set Stainless - Bakery Equipment

Author & Editor

Kami selalu berupaya menjadi partner terbaik untuk perlengkapan dapur usaha, seperti restoran, catering, bakery, hotel, rumah makan, tempat produksi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kitchen set, khususnya kitchen set stainless steel.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © OVEN GAS NO.1 DI INDONESIA™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.