Filled Under:

Cara membuat Donat Empuk dan Mengembang

artikel
Cara membuat Donat Empuk dan Mengembang

Bagaimana cara membuat donat empuk dan mengembang? atau bagaimana mengatasi produksi donat yang bantat dan gagal? masalah-masalah yang sering dihadapi saat produksi donat tidak jauh dari hal-hal seperti adonan kurang kalis, adonan kurang mengembang, donat gosong saat digoreng, produksi donat lama dan kurang cepat, hingga masalah-masalah yang lainnya.

Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat donat yang empuk dan mengembang dengan menggunakan alat-alat produksi bakery (khusus donat) dari menururt produsen perlengkapan bakery murah di jogjakarta. mari kita mulai.

Persiapan Membuat Adonan Donat 

Persiapan ini adalah salah satu langkah awal yang sangat menentukan, logikanya, jika persiapan awal ini keliru, yang jelas hingga hasilnya nanti akan kurang maksimal, lantas, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam tahap pertama ini? oke mari kita pelajari bersama-sama: 
Persiapan Bahan & Komposisi
  1. Tepung terigu: disini kami rekomendasikan agar anda menggunakan tepung terigu dengan protein tinggi. pemilihan tepung ini sangat penting, sebagaimana yang kita ketahui bahwa donat dengan tepung pro tinggi sangat cocok untuk adonan jenis roti dan mie.
Cara membuat Donat Empuk dan Mengembang
Contoh tepung Pro- Tinggi

  1. Pelajari resep:
    Disini kami tidak akan membahasa resep, karena sudah banyak yang menyediakan penjelasan mengenai resep donat, yang jelas, anda harus tahu bagaimana resep itu dilakukan, baik langkah-langkahnya, kadar campurannya, lama proofingnya hingga proses terakhir. 
  2. Proses Mixing Komposisi: proses ini roti atau donat bertujuan agar proses ulen dan pencampuran komposisi atau bahan utama menjadi kalis. adonan yang kalis akan sangat baik dan menentukan hasil donat. salah satu yang and butuhkan untuk proses ini adalah mixer roti spiral atau mixer roti planetary
  1. Teknik proofing: sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses proofing adalah mendiamkan adonan dengan waktu tertentu agar komposisi utama bisa mengembang denga sempurna. nah cara terbaiknya adalah gunakan mesin pengembang adoanan roti/ proofer roti agar tingkat kelembaban dan suhu adonan bisa diatur.
  1. Teknik menggoreng donat: jika anda ingin usaha donat anda ada pada tataran produksi industri yang baik dan sukses, gunakanlah teknik menggoreng donat dengan teknik frying. teknik ini sudah terbukti banyak digunakan oleh bakery-bakery besar dan donat store besar di Indonesia, nah untuk memudahkan anda dalam proses menggoreng dengan teknik ini maka anda harus menggunakan deep fryer donat

Proses Membuat Donat

Mixing Adonan

untuk mendapatkan adonan yang kalis, sebagaimana yang kami jelaskan diatas adalah dengan cara menggunakan mixer khususu untuk industri bakery yakni mixer planetary dan mixer spiral. jika anda menggunakan mixer spiral, maka lakukanlah dengan mencamur tepung dan dengan speed paling lambat terlebih dahulu, dan gunakan jenis pengaduk sprial/ hook yang memang didesain khusus untuk adonan yang sifatnya kental dan membutuhkan hasil yang kalis. 

Cara membuat Donat Empuk dan Mengembang
Mixer roti palnetary

NOTE: Lakukan proses mixing ini hingga adonan kalis, jika anda menggunakan mixer dari kami, maka proses mixing ini hanya membutuhkan sekitar 20 menit dengan takaran tepung terigu 2.5 kg atau kurang lebih sekitar 5 Kg Adonan. 
CIRI-CIRI ADONAN KALIS: 

  • Saat di mixing, adonan tidak melengket ke mangkok/ bowl mixer. 
  • jika direntangkan akan nampak trasparan
  • Adonan menjadi elastis dan saat ditarik seperti karet atau tidak mudah putus.

Proofing atau Proses Mengembangkan Adoanan

Setelah adonan kalis, proses selanjutnya adalah mendiamkan adonan dengan waktu tertentu hingga adonan megembang 2x lipat dari ukuran sebelumnya, nah proses ini dinamakan proofing. dimana adonan akan didiamkan pada suhu tertentu dengan tingkat kelelmbaban tertentu. Banyak kasus oleh customer kami ketika mereka melakukan proses proofing denga cara manual (yakni mendiamkan adonan pada suhu rungan dengan waktu sekitar 1 jam)  dengan suhu dan kelembaban yang tdak pasti. ternyata hasilnya kurang memuaskan, nah pada proses ini silahkan anda gunakan proofer roti khusus/ mesin pengembang adonan agar hasil lebih maksimal.

Cara membuat Donat Empuk dan Mengembang
Mesin pengembang adonan roti

NOTE: Jika anda menggunakan mesin pengembang adonan seperti gambar diatas, maka setting proofer anda dengan ketentuan : Suhu : 38 - 42 derajat celcius sedangkan untuk kelembaban setting menjadi : Kelembaban: 85 - 90. Rata-rata para pakar roti akan menggunakan waktu sekitar 30 - 45 menit masa proofing dengan menggunakan mesin ini.

Proses Pembentukan dan Cetak

Proses ini memang sangat tergantung kepada selera dan kreasi dapur anda dalam mencetak adonan, namun secara umum untuk setiap adonan biasanya akan di roll hingga ketebalan kurang lebih 1,5 cm. Nah bentuk dan ukurannyapun beda-beda. namun kami punya catatan ukuran yang paling standard dan banyak diguankan oleh bakery shop di Indonesia.

NOTE: Biasanya setiap 1 Kg adonan akan menjadi sekitar 1.5 kg adonan roti atau donat, jika anda membentuk donat dengan cara di timbang yakni setiap 1 donat kurang lebih memiliki berat 28gram (ukuran donat mini) berarti 1 kg tepung bisa menjadi sekitar 54 donat jika berat 48 gram (ukuran donat besar) maka akan menjadi sekitar 31 donat. Jika anda menggunakan cetakan khusus (diameter 9cm) rata-rata setiap 1kg tepung terigu/ kurang lebih 1.5kg adonan akan menjadi 50 donat. Bisa anda bayangkan jika yang anda gunakan adalah mixer untuk adonan roti/ donat dengan kapasitas tepung terigu 2.5 Kg maka akan menjadi adonan sekitar 5kg berapa yang bisa anda produksi dalam 1 kali proses? banyak bukan.

 Proses Menggoreng Donat

Sebagaimana yang kami jelaskan, agar hasil maksimal anda harus menggunakan penggorengan dengan teknik frying, teknik ini sangat ampuh untuk menghasilkan donat yang renyah dan anti gosong. Selain itu anda juga bisa menggoreng dengan skala yang lebih banyak dan waktu yang lebih cepat. 

Cara membuat Donat Empuk dan Mengembang
Deep fryer donat

NOTE: Menggoreng dengan menggunakan mesih deep frying khusus donat rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 2 - 3 menit tergantung suhu yang digunakan. Deep fryer kami memiliki kapasitas minyak 39 liter dengan ukuran bowl sekitar 60 x 40 cm. untuk ukuran donat dengan diameter 9cm, maka sekali goreng bisa langsung 15 donat. sedangkan suhu yang digunakan adalah rata-rata 180 derajat celcius. jika anda ingin meggoreng donat dengan total adonan 5kg/ 125 donan, maka anda hanya mebutuhkan waktu sekitar 18 menit dengan mesin fryer ini.

Semua tips dan trik pada tulisan ini adalah dengan referensi penggunaan mesih khusus atau alat produksi donat khusus dan professional, jika anda menggunakan cara manual, maka langkah tersebut masih bisa dijadikan acuan namuan waktu harus anda sesuaikan dengan sendirinya. 

reyoven.com



Produsen Kitchen Set Stainless - Bakery Equipment

Author & Editor

Kami selalu berupaya menjadi partner terbaik untuk perlengkapan dapur usaha, seperti restoran, catering, bakery, hotel, rumah makan, tempat produksi dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kitchen set, khususnya kitchen set stainless steel.

 

We are featured contributor on entrepreneurship for many trusted business sites:

  • Copyright © OVEN GAS NO.1 DI INDONESIA™ is a registered trademark.
    Blogger Templates Designed by Templateism. Hosted on Blogger Platform.